Piknik Kopi merupakan kegiatan menjelajah kawasan hulu Sungai Cisadane yang berada di kaki Gunung Pangrango dimana tanaman kopi robusta tumbuh subur di kebun-kebun masyarakat. Wilayah ini memiliki bentang alam yang bervariasi, dengan keanekaragamanhayati yang masih tinggi. 14 jenis tanaman obat, 9 jenis tanaman pangan, 13 jenis mamalia masih ditemukan dan digunakan oleh penduduk kampung. Kampung yang berlokasi di paling selatan dari kawasan hulu ini bernama Kampung Ciwaluh, Desa Wates Jaya, Kabupaten Bogor.

Kampung Ciwaluh memiliki ketinggian sekitar 600 mdpl dan hanya dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau kendaraan roda dua. Dengan kondisi tanah yang masih bagus, ditambah dengan pasokan air yang melimpah dari hulu Cisadane, menjadikan pertanian sebagai salah satu andalan mata pencaharian di wilayah ini. Berbagai produk pertanian dihasilkan di wilayah ini, seperti padi, kapolaga, kumis kucing dan kopi.

Piknik Kopi Hulu Cisadane akan mengajak anda melihat kebun-kebun kopi masyarakat yang bercampur dengan tanaman kebun lainnya. Berbagai cerita ada di dalam ini, mulai dari sejarah kebun hingga cara mereka menghasilkan kopi robusta yang sudah mendapat review dari penikmat kopi. Pada Piknik Kopi ini, Anda akan diajak menjelajah kebun masyarakat sambil menikmati ekosistem hulu Cisadane.